Jumat, 02 November 2012

laporan ls oktober 2012



LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN LESSON STUDY






OLEH:
TIM GURU MODEL
ELISA AFRIANI (GURU MATEMATIKA)
AHMAD KUSASI ( GURU IPA)
H. M. FALKIANI (GURU BAHASA INDONESIA)





SMPN 2 KUSAN HILIR
KABUPATEN TANAH BUMBU
KALIMANTAN SELATAN
 OKTOBER 2012


DAFTAR HADIR  SISWA-SISWI KELAS 7 E
SMPN 2 KUSAN HILIR
KAB. TANBU KALSEL

NO
NAMA
KETERANGAN
1
AHMAD DANI

2
ARIFFUDDIN

3
AHMAD YULIANNOR

4
ABDULAH SALIM

5
EKA RAHMAWATI

6
ERLISAFITRI

7
FEBRIANTO

8
INDRA SETIAWAN

9
IMAR FEBRIANI

10
IWANSYAH

11
IRWANSYAH

12
JUMAIDIL KHAIR

13
KARLINA WATI

14
JULMIATI

15
JANNATUL MARWAH

16
LINDA NOOR JENNAH

17
M. RENALDI

18
M. FAISAL ALBI

19
M. ARSI NUGRAHA

20
M. HAMRUJI

21
JURIANI

22
NISA

23
NURKHAMISAH

24
NUR AL-RASYID

25
RENI AULIA

26
ROSANTI

27
RISMA

28
RAFIAH

29
SITI HAINIAH

30
SITI MADANIAH

31
SARMILA

32
WAHYU M. RONI

33
ZAINAL ABIDIN









KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayahnya kegiatan lesson study dapat berkjalan dengan baik ssuai rencana dan tujuan yang diharapkan.
Kegiatan lesson study sangat membantu guru dalam pembelajaran, karena guru model tidak sendiri di dalam kelas melainkan di bantu oleh guru lain yang bertugas mengobservasi kegiatan belajar siswa. Sehingga dalam kegiatan refleksi para guru dalam mengemukakan hasil pengamatan dapat lebih rinci dan detail. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab bagi para guru untuk mengembangkan pembelajarannya lebih menarik lagi.
Adapun guru model tentu sudah melaksanakan tugasnya dengan maksimal, walaupun ada beberapa hal yang mungkin tidak terselesaikan dengan baik karena alasan tertentu. Dengan bantuan observer hal-hal tersebut dapat teramati dan membantu guru model dalam pengamatan hasil belajar siswa di kelas.
Semoga kegiatan lesson study ini bermanfaat untuk para guru khususnya bagi penulis agar dapat mengembangkan pembelajaran di dalam kelas menjadi menarik dan mudah di ikuti siswa. Demikian laporan yang kami buat tentunya tidak lepas dari kekurangan dan tentu perlu perbaikan lagi di lain waktu.  Saran dan masukan dari para pendamping  sangat kmi harapkan.


Tanah Bumbu,    Oktober 2012

                                                                                 Penulis Tim Lesson study





NOTULEN
LAPORAN HASIL REFLEKSI LS IPA KELAS 7E
SMPN 2 KUSAN HILIR KAB. TANAH BUMBU

Kel. 1 (bu ririn)
1.       Tidak ada kerja sama yang baik
2.       1 orang aja yang membaca, yg lain malas- malasan.  (ketua kelompok)
3.       Terlalu Teresa-gesa,
4.       Tidak percaya dengan anggota lain
Solusi: memberikan kesempatan kepada kelompok lain

Kelompok 2. (rina)
Tidak ada kerja sama antar kelompok.
Solusi: putra membaca dan putrid membaca
-          Dalam menjawab tugas salah, air the harus berubah merah.
-          Dikatakan netral.
Belum memahami konsep asam dan basa, serta netral.
Peta Konsep diawal pembelajaran.

Siswa harus membaca terlebih dahulu dirumah.
Kesimpulan di awal pembelajaran.
Dalam kerja kelompok siswa dapat

Kelompok 3. (bu lisa)
Doa terlebih dahulu, terlihat anak sangat tegang. Tidak tahu akan kegiatan yang akan terjadi. Sedudah lks dibagikan ada 2 orang anak yg hanya membaca akan tetapi yg lain hanya diam. Solusi: harus ada 2 LKS. Ketua kelompok tidak mengkoordinir kerja kelompok. Sangat terlambat mengerjakan tugas membuat table. Nur kahmisah marah-marah hanya menyuruh menjawab. Pada saat menentukan kesimpulan kelompokmini bingung menentukan jawaban dengan cara melihat jawaban kel. 2

Kelompok 4 (rahmadi)
1.       Siswa tegang
2.       Tempat duduk tidak focus ke depan (sudut pandang)
3.       Ada yg lebih dominan dalam mengerjakan kelompok
4.       Sarmila duduknya tegang, banyak bermain , perhatian kek kelompok lain. Sering keluar.. memainkan aqua
Solusi:
-          Di perhatikan khusus, untuk siswa yg bermasalah.
 Kelompok 5 (H. Falkiani)
1.       Juriyati hanya diam dan duduk manis. Diskusi tidak ada, pandangannya tdk mengarahh pd kelompok
2.       Penyebabnya: diam, padahal sering bicara
3.       Slusi: di beri tugas kelompok, untuk mengerjakan kelompok.
Kelompok 6 : Marwansyah
1.       Enjoy aja, tidak terlalu ada masalah
2.       Lks tidak dipahami oleh siswa, kesimpulan agak sulit
3.       Bicara dengan kawannya lg

Solusi: harus ada pemisahan  dalam kelompok

Kelompok 7 ( PPL)
1.       Kerjasama antar 2 siswa  sangat  bagus ,
2.       Dari awal pembelajaran tegang , tidak respon, hanya mendengarkan saja
3.       Salah satu siswa hanya diam dan tidak ikut mengerjakan tugas.

Solusi: perlu bimbingan konseling.



Kelompok 8 (Bpk suadi)
1.       Pembelajaran sangat tegang,
2.       Salah satu siswa hanya diam, tidak ada respon
3.       Aada beberapa pertanyaan untuk memnacing siswa.
4.       Pada praktikum seharusnya semua siswa terlibat
5.       Larutan hanya berada pada ketua kelompok, supaya siswa dapat mencaoba
6.       Satu sama sekali tidak mencoba.
7.       Zainal hanya diam tidak mau membantu, dan perlu bimbingan khusus dalam mengikuti pembelajaran.
8.       Ada 3 anak yang berdiskusi dan kerja sama tetapi satu siswa tidak menbantu.
9.       Ketika guru model, memberikan pertanyaan satu siswa yang lain membantu menawarkan solusi agar maju ke depan. Sehingga kerja sama mulai
10.   Lks. Masih kurang perlu diperbanyak sehingga tepat waktu
11.   Membangun kerja sama yg baik, data mengembangkan media yg baik.
12.   Meberikan contoh secara langsung, menunnjukkan hasil nya ke siswa.
13.   Membandingkan apa yg di dapatkan
14.   Konsentrasi tidak pokus, kembali focus pada menit berikut.
15.   Keimpulan yang di tarik, bagus. Pernyataan soal:  sudah berubah, perlu kehati-hatian, soal yg diberikan  menimbulkan keragu-raguan.

PENDAMPING: (BAPAK M/ IKHSAN L)
1.       Perlu pertimbangan, menggunakan kertas lakmus sangat boros.
2.       Kertas rusak
3.       Kelebihan waktu
4.       Penguatan tuntas
5.       Pengelolaan waktu
6.       Berdiskusi sesama teman
7.       Indicator rusak. ( sehingga kesalahan konsep dapat dilakukan)







PADA SAAT DO ( LS BAHASA INDONESIA)

Tidak ada komentar: