LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN LESSON STUDY
OLEH:
TIM GURU MODEL
ELISA AFRIANI (GURU
MATEMATIKA)
AHMAD KUSASI ( GURU
IPA)
H. M. FALKIANI (GURU
BAHASA INDONESIA)
SMPN 2 KUSAN HILIR
KABUPATEN TANAH BUMBU
KALIMANTAN SELATAN
OKTOBER 2012
DAFTAR HADIR SISWA-SISWI KELAS 7 E
SMPN 2 KUSAN HILIR
KAB. TANBU KALSEL
NO
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
AHMAD DANI
|
|
2
|
ARIFFUDDIN
|
|
3
|
AHMAD YULIANNOR
|
|
4
|
ABDULAH SALIM
|
|
5
|
EKA RAHMAWATI
|
|
6
|
ERLISAFITRI
|
|
7
|
FEBRIANTO
|
|
8
|
INDRA SETIAWAN
|
|
9
|
IMAR FEBRIANI
|
|
10
|
IWANSYAH
|
|
11
|
IRWANSYAH
|
|
12
|
JUMAIDIL KHAIR
|
|
13
|
KARLINA WATI
|
|
14
|
JULMIATI
|
|
15
|
JANNATUL MARWAH
|
|
16
|
LINDA NOOR
JENNAH
|
|
17
|
M. RENALDI
|
|
18
|
M. FAISAL ALBI
|
|
19
|
M. ARSI NUGRAHA
|
|
20
|
M. HAMRUJI
|
|
21
|
JURIANI
|
|
22
|
NISA
|
|
23
|
NURKHAMISAH
|
|
24
|
NUR AL-RASYID
|
|
25
|
RENI AULIA
|
|
26
|
ROSANTI
|
|
27
|
RISMA
|
|
28
|
RAFIAH
|
|
29
|
SITI HAINIAH
|
|
30
|
SITI MADANIAH
|
|
31
|
SARMILA
|
|
32
|
WAHYU M. RONI
|
|
33
|
ZAINAL ABIDIN
|
|
|
|
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat
dan hidayahnya kegiatan lesson study dapat berkjalan dengan baik ssuai rencana
dan tujuan yang diharapkan.
Kegiatan lesson study sangat membantu guru dalam
pembelajaran, karena guru model tidak sendiri di dalam kelas melainkan di bantu
oleh guru lain yang bertugas mengobservasi kegiatan belajar siswa. Sehingga
dalam kegiatan refleksi para guru dalam mengemukakan hasil pengamatan dapat
lebih rinci dan detail. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab bagi para guru
untuk mengembangkan pembelajarannya lebih menarik lagi.
Adapun guru model tentu sudah melaksanakan tugasnya
dengan maksimal, walaupun ada beberapa hal yang mungkin tidak terselesaikan
dengan baik karena alasan tertentu. Dengan bantuan observer hal-hal tersebut
dapat teramati dan membantu guru model dalam pengamatan hasil belajar siswa di
kelas.
Semoga kegiatan lesson study ini bermanfaat untuk
para guru khususnya bagi penulis agar dapat mengembangkan pembelajaran di dalam
kelas menjadi menarik dan mudah di ikuti siswa. Demikian laporan yang kami buat
tentunya tidak lepas dari kekurangan dan tentu perlu perbaikan lagi di lain
waktu. Saran dan masukan dari para
pendamping sangat kmi harapkan.
Tanah Bumbu, Oktober 2012
Penulis
Tim Lesson study
NOTULEN
LAPORAN HASIL
REFLEKSI LS IPA KELAS 7E
SMPN 2 KUSAN HILIR
KAB. TANAH BUMBU
Kel. 1 (bu ririn)
1.
Tidak ada kerja sama yang baik
2.
1 orang aja yang membaca, yg lain malas-
malasan. (ketua kelompok)
3.
Terlalu Teresa-gesa,
4.
Tidak percaya dengan anggota lain
Solusi: memberikan kesempatan kepada kelompok lain
Kelompok 2. (rina)
Tidak ada kerja sama antar kelompok.
Solusi: putra membaca dan putrid membaca
-
Dalam menjawab tugas salah, air the harus
berubah merah.
-
Dikatakan netral.
Belum memahami konsep asam dan basa, serta netral.
Peta Konsep diawal pembelajaran.
Siswa harus membaca terlebih dahulu dirumah.
Kesimpulan di awal pembelajaran.
Dalam kerja kelompok siswa dapat
Kelompok 3. (bu lisa)
Doa terlebih dahulu, terlihat anak sangat tegang. Tidak tahu
akan kegiatan yang akan terjadi. Sedudah lks dibagikan ada 2 orang anak yg
hanya membaca akan tetapi yg lain hanya diam. Solusi: harus ada 2 LKS. Ketua
kelompok tidak mengkoordinir kerja kelompok. Sangat terlambat mengerjakan tugas
membuat table. Nur kahmisah marah-marah hanya menyuruh menjawab. Pada saat
menentukan kesimpulan kelompokmini bingung menentukan jawaban dengan cara
melihat jawaban kel. 2
Kelompok 4 (rahmadi)
1.
Siswa tegang
2.
Tempat duduk tidak focus ke depan (sudut
pandang)
3.
Ada yg lebih dominan dalam mengerjakan kelompok
4.
Sarmila duduknya tegang, banyak bermain ,
perhatian kek kelompok lain. Sering keluar.. memainkan aqua
Solusi:
-
Di perhatikan khusus, untuk siswa yg bermasalah.
Kelompok 5 (H.
Falkiani)
1.
Juriyati hanya diam dan duduk manis. Diskusi
tidak ada, pandangannya tdk mengarahh pd kelompok
2.
Penyebabnya: diam, padahal sering bicara
3.
Slusi: di beri tugas kelompok, untuk mengerjakan
kelompok.
Kelompok 6 : Marwansyah
1.
Enjoy aja, tidak terlalu ada masalah
2.
Lks tidak dipahami oleh siswa, kesimpulan agak
sulit
3.
Bicara dengan kawannya lg
Solusi: harus ada pemisahan dalam kelompok
Kelompok 7 ( PPL)
1.
Kerjasama antar 2 siswa sangat
bagus ,
2.
Dari awal pembelajaran tegang , tidak respon,
hanya mendengarkan saja
3.
Salah satu siswa hanya diam dan tidak ikut
mengerjakan tugas.
Solusi: perlu bimbingan konseling.
Kelompok 8 (Bpk suadi)
1.
Pembelajaran sangat tegang,
2.
Salah satu siswa hanya diam, tidak ada respon
3.
Aada beberapa pertanyaan untuk memnacing siswa.
4.
Pada praktikum seharusnya semua siswa terlibat
5.
Larutan hanya berada pada ketua kelompok, supaya
siswa dapat mencaoba
6.
Satu sama sekali tidak mencoba.
7.
Zainal hanya diam tidak mau membantu, dan perlu
bimbingan khusus dalam mengikuti pembelajaran.
8.
Ada 3 anak yang berdiskusi dan kerja sama tetapi
satu siswa tidak menbantu.
9.
Ketika guru model, memberikan pertanyaan satu
siswa yang lain membantu menawarkan solusi agar maju ke depan. Sehingga kerja
sama mulai
10.
Lks. Masih kurang perlu diperbanyak sehingga
tepat waktu
11.
Membangun kerja sama yg baik, data mengembangkan
media yg baik.
12.
Meberikan contoh secara langsung, menunnjukkan
hasil nya ke siswa.
13.
Membandingkan apa yg di dapatkan
14.
Konsentrasi tidak pokus, kembali focus pada
menit berikut.
15.
Keimpulan yang di tarik, bagus. Pernyataan
soal: sudah berubah, perlu
kehati-hatian, soal yg diberikan
menimbulkan keragu-raguan.
PENDAMPING: (BAPAK M/ IKHSAN L)
1.
Perlu pertimbangan, menggunakan kertas lakmus
sangat boros.
2.
Kertas rusak
3.
Kelebihan waktu
4.
Penguatan tuntas
5.
Pengelolaan waktu
6.
Berdiskusi sesama teman
7.
Indicator rusak. ( sehingga kesalahan konsep
dapat dilakukan)
PADA SAAT DO ( LS
BAHASA INDONESIA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar