Jumat, 20 Juli 2012

PMR BENGKALIS


Wakili Riau ke Gorotalo
PMR Bengkalis
22 Februari 2011 - 10.44 WIB
466 klik
 
BENGKALIS (DP)- Upaya pembinaan yang dilakukan terus menerus akhirnya berbuah manis. Delapan orang anggota Palang Merah Remaja (PMR) dari Kabupaten Bengkalis akan mewakili Riau dalam kegiatan Jumbara (Jumpa Bhakti Gembira) tingkat nasional di Gorontalo, Juli mendatang.

‘’Kita terbanyak setelah Kabupaten Kampar. Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan,”ujar Ketua Umum PMI Kabupaten Bengkalis, H Usman Effendi kepada sejumlah wartawan, Minggu petang (20/2) kemarin.
Ditemui disela-sela pelantikan 130 PMR tingkat madya (SLTP) dan wira (SLTA), Usman mengatakan, terpilihnya 8 anggota PMR dari Bengkalis melalui seleksi Jumbara tingkat kabupaten, Desember 2010 lalu di Tembilahan. Pada saat itu, Bengkalis yang baru pertama kali ikut berpartisipasi langsung meraih peringkat dua setelah Kampar.
“Dari sinilah kemudian di seleksi kembali PMR dari Bengkalis, dan terpilih sebanyak 8 orang. Walau baru pertama kali ikut serta dalam Jumbara (tingkat kabupaten,red), kita langsung bisa menorehkan prestasi. Ini semua tidak terlepas dari kerja keras seluruh pengurus dan juga dukungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis,”ujar mantan anggota DPRD Bengkalis ini.
Dikatakan, PMR sebagai organisasi kepemudaan binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah memiliki peran penting dalam melaksanakan tugas-tugas PMI. Bisa dikatakan PMR merupakan bagian dari tulang punggung PMI dalam menjalankan tugas-tugas PMI. Karena itu, ujar Usman, pembinaan PMR di sekolah-sekolah tidak akan berhenti. Setiap saat, setiap tahun diadakan perekrutan dan akan bermunculan anggota PMR baru.
Seperti yang baru dilaksanakan sekarang ini, kata Usman, sebanyak 130 PMR tingkat madya dan wira kembali dilantik. Mereka merupakan bagian dari sekitar 2000-an PMR se-Kabupaten Bengkalis yang terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial. 130 PMR ini berasal dari SMAN dan SMK 2 untuk tingkat wira, dan SMPN 1, SMPN 2 serta MTs untuk tingkat madya.
“Insyaallah, mudah-mudahan pada tahun-tahun mendatang akan semakin banyak sekolah-sekolah yang bergabung untuk menjadi PMR. Kita siap melakukan pembinaan terhadap mereka, yang penting mereka memiliki kemauan,”kata Usman.(auf)
 

Tidak ada komentar: